Hadiri Rapat Paripurna, Pj. Bupati Menjawab Fraksi DPRD Takalar mengenai Ranperda APBD Perubahan 2024

Tak Berkategori297 Dilihat

 

KABAR21–TAKALAR–Diskominfo SP, Jumat 16 Agustus 2024
Fraksi-fraksi DPRD Takalar memberikan pandangan umum mereka terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024 yang kemudian dijawab secara langsung oleh Pj. Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg. Dalam rapat paripurna yang berlangsung di ruang sidang Lt. II Gedung DPRD Kabupaten Takalar pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Takalar Ir. Darwis Sijaya dihadiri oleh Anggota DPRD Takalar dan Pimpinan OPD Takalar.

Dalam sambutannya Pj. Bupati langsung menyoroti Isu utama mengenai penurunan target pada perubahan, dan perlu adanya klarifikasi mengenai penyebab dan faktor penurunan sesuai dengan arahan KPK.

“Pendapatan ini perlu dicermati, dihitung matang-matang, dan disepakati berapa besar pendapatan yang realistis yang dapat dicapai,” ujar Pj. Bupati.

Beliau juga menjelaskan bahwa pertimbangan utama adalah tren realisasi satu semester yang dapat dipantau secara real-time melalui aplikasi online. Dengan cara ini, seberapa besar realisasi dan target yang ada dapat dilihat, sehingga langkah-langkah yang diperlukan bisa dijalankan langsung.

Selain itu, peningkatan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak dan penegakan terhadap pelanggaran yang terjadi juga menjadi fokus utama. Asumsi makro dan realisasi pendapatan perlu ditinjau kembali, dengan penyesuaian belanja berdasarkan hasil pemeriksaan BPK terhadap laporan keuangan daerah. Penyesuaian target kerja juga harus dilakukan seiring dengan pergeseran belanja untuk memastikan pengelolaan anggaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Jika dibandingkan dengan total APBD, perlu dilihat capaian realisasi terhadap pokok perubahan APBD, terutama setelah dikaitkan dengan belanja. Banyak yang belum dapat direalisasikan sesuai target, namun kita akan berupaya menggenjot PAD agar sesuai target dan membiayai target tersebut pada semester kedua ini,” lanjutnya

“Terima kasih atas dukungan DPRD Takalar serta semua catatan fraksi-fraksi. Insya Allah, semua akan dicermati dan menjadi perhatian untuk pembahasan lanjutan,” tutupnya.

EDITOR: Muh Rano

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *