Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrim, Satpolairud Polres Kepulauan Tanimbar Lakukan Sambang Pesisir Dan Dialogis

Uncategorized29 Dilihat

kabar21.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Untuk mencegah serta meminimalisir jatuhnya korban di laut maupun di pesisir pantai akibat cuaca Ekstrim. Personel Sat Polairud memberikan Imbauan terhadap Nahkoda Kapal dan ABK hingga para Nelayan di kawasan Pelabuhan kompleks Tanimbar Raya Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kamis (18/01/24).

Letak Wilayah Geografis pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini sebagian besar dikelilingi oleh Lautan, sehingga mata pencarian oleh Masyarakat adalah Nelayan serta transportasi laut juga merupakan jenis transportasi yang sering digunakan Masyarakat untuk menyeberang. Sehingga untuk mengantisipasinya, Satpolairud menyambangi Nahkoda Kapal dan ABK hingga para Nelayan guna memberikan Imbauan terkait Cuaca Ekstrim.

Selain untuk menyampaikan Imbauan tentang Cuaca Ekstrim, giat Sambang ini juga sebagai upaya Polri untuk menjalin silahturahmi serta lebih mendekatkan diri dengan Masyarakat khususnya bagi Nahkoda Kapal dan ABK hingga para Nelayan di Pesisir Pantai. Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar juga berkesempatan melaksanakan Patroli sambang guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Pada kesempatan itu, Personel Sat Polairud menyampaikan Imbauan terkait dengan situasi cuaca ekstrim, angin kencang dan hujan deras yang saat ini tengah terjadi kepada Warga Masyarakat khususnya Nahkoda Kapal dan ABK beserta para Nelayan yang akan melaut mencari ikan, agar tetap mewaspadai segala kemungkinan terjadinya perubahan cuaca.

Personel Sat Polairud juga menghimbau untuk tidak memaksakan berlayar pada saat kondisi gelombang tinggi, angin kencang dan hujan lebat, serta lengkapi prasarana alat keselamatan berlayar seperti life jacket, life craft, life buoy dan lainnya, kemudian tidak melebihi muatan saat berlayar dan selalu memantau perkembangan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG.

Tak hanya itu, Petugas juga Mengimbau untuk tidak membawa barang-barang ilegal antara lain obat-obat terlarang/ narkotika, minuman keras dan barang ilegal lainnya yang diangkut dengan kapal serta tidak menggunakan bahan peledak sebagai alat untuk menangkap ikan, karena hal itu merupakan pelanggaran pidana.

Dalam menyambut Pemilihan Umum Tahun 2024 ini, Personel Sat Polairud turut mengajak Masyarakat untuk menjaga situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah lingkungan Masyarakat sehingga terciptanya Pemilu yang aman, sejuk dan damai.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasat Polairud Ipda A. MIKINI mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan Masyarakat khususnya Nahkoda Kapal dan ABK serta para Nelayan Pesisir Pantai, guna menyerap informasi yang ada di tengah Masyarakat. Selain itu untuk memberikan binluh lewat Imbauan serta pesan-pesan kamtibmas sehingga akan tercipta situasi yang aman dan kondusif.

“Saat ini sedang terjadi fenomena angin kencang, gelombang laut tinggi yang sewaktu-waktu bisa berubah akibat cuaca ekstrim. Sehingga pentingnya kehadiran Personel Sat Polairud Polres Kepulauan Tanimbar untuk memberikan Imbauan guna mengantisipasi segala kemungkinan” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Warga Masyarkat khususnya Nahkoda Kapal dan para ABK serta para Nelayan dapat memahami tentang pentingnya Keselamatan diri dengan tetap mewaspadai dan mengantisipasi Iklim yang sewaktu-waktu bisa berubah.(jk)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *