Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Salawaku 2023 Dan Pemusnahan BB, Digelar Polres Kepulauan Tanimbar

Uncategorized575 Dilihat

kabar21.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku 2023 sekaligus Pemusnahan Barang Bukti, yang bertempat di lapangan Apel Mapolres Kepulauan Tanimbar, Kamis (21/12).

Kegiatan tersebut dipimpinan oleh Kapolres kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA S.I.K. Selaku Komandan Apel dan didampingi oleh Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Sekda Drs. Drs. RUBEN BENHARVIOTO MORIOLKOSSU, MM., serta bertindak selaku Perwira apel Kabag Ops AKP HENDRIK LAISINA dan bertindak selaku Komendan Apel Kanit I SPKT Ipda SIMON NUSMESE S.H.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku 2023 dalam rangka Pengamanan Natal tanggal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru tanggal 01 Januari 2024 tersebut diawali dengan pemeriksaan Pasukan serta Sarpras oleh Kapolres beserta Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan selanjutnya ditandai dengan Penyamatan Pita Operasi yang menandakan dimulainya Operasi Lilin Salawaku 2023.

Pada kesempatan itu, Kapolres selaku Pimpinan Apel membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Personel maupun Sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan optimal

“Pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan aman, nyaman dan lancar. Sebagaimana pendekatan Bapak Presiden JOKO WIDODO bahwa Natal dan Tahun Baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan harus dipersiapkan utamanya yang berkaitan dengan transportasi , pasokan dan distribusi bahan pangan” sambungnya.

Adapun Tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi oleh sebab itu dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Kementerian Lembaga Pemerintah Daerah Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2023. Mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024 operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI Polri serta stakeholder terkait lainnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Mitra Kamtibmas lainnya maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023.

Diharapkan Kepada seluruh Personel agar senantiasa menjaga kesehatan, jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah. Selamat Natal dan Tahun Baru 2024, semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta Harapan Baru demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan petunjuk serta kekuatan kepada kita dalam memberikan pengabdian terbaik kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara” tutupnya.

Pelaksanaan tersebut ditutup dengan doa serta Sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan pemusnahan Barang Bukti (BB) berupa Minuman Keras (Miras) jenis Sopi. Kegiatan Pemusnahan ini dilaksanakan sesuai Apel Gelar Pasukan yang berlokasi di depan Mako Polres Kepulauan Tanimbar.

Turut hadir Danlanud IG Dewanto Letkol Pom FERNANDO EFENDI, Dansatrad 245/ Saumlaki Mayor Lek SONI RIZANI, Wadanyonif 734/ SNS Kapten Inf TAUFIK SISWADI, S.T han., S.I.P., Kepala Pengadilan Negeri Saumlaki TRI WAHYUDI S.H., M.H., Dankie 3 Yon C Pelopor AKP AGUSTINUS LAINATA, S.Sos.M.H., Kasi Intel Kajari Kabupaten Kepulauan Tanimbar AGUNG NUGROHO, S.H., Para Tokoh Agama, para Pimpinan BUMD dan BUMN serta Personel TNI Polri dan Basarnas.(joko)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *