Pj. Bupati Takalar hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

Uncategorized23 Dilihat

Kabar21.com | Humas, 3 April 2024

Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Kerupat 2024 yang dilaksanakan Polres Takalar dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 Tahun 2024, di Lapangan Apel Polres Takalar, Rabu (3/4/2024).

Kapolres Takalar AKBP Gotam Hidayat, S.I.K . M.Si sebagai pimpinan apel dalam membacakan sambutan Kapolri Komjen Pol.Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata, sinergitas TNI Polri dan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“Bedasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 % dibandingkan tahun 2023. Berdasarkan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali dari tahun-tahun sebelumnya” pungkasnya.

Ditambahkan untuk menjawab tantangan ini, TNI Polri dan Stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi ketupat 2024 yang melibatkan 165 personil selama 13 hari dari tanggal 4 s/d 16 april 2024. Dalam operasi telah dipersiapkan 5784 pos yang terdiri dari 3772 pos pengamanan, 1532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu.

Kapolres juga mengemukakan dalam rangka pelayanan dan pengamanan pada potensi rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam serta pusat-pusat keramaian maka pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal. Bukan hanya pengamanan didarat tetapi jalur penyebrangan dan transportasi laut juga menjadi pusat perhatian dalam hal pelayanan dan pengamanan.

“Seluruh upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, nyaman dan penuh makna. Diharapkan momentum hari raya ini dapat menjadi sarana untuk memperertat tali silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat” Harapnya.

Adapun personil pengamanan terdiri dari unsur TNI/Polri, Kementerian terkait, BPBD, BMKG, Bazarnas, Pertamina, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Jasaraharja dan mitra kamtibmas lainnya.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *